Fake 4G Modem Bolt "No Service"


Dasar monyet bau, kadal bintit, muka gepeng, kecoa bunting, babi ngepet, dinosaurus, brontosaurus, itulah yang ada dibenak saya ketika sadar Modem Bolt saya tidak bisa 4G. Untuk kalian yang akan beli modem Bolt, cari review dan referensi di internet tentang modem yang akan di beli karena pengalaman saya merasa tertipu oleh penjual.

Saya tidak menyalahkan pihak Bolt, saya hanya ingin sharing pengalaman ketika saya beli Modem Bolt Orion di suatu toko online yang tidak akan saya sebutkan namanya(Lazada), ini pertama kali saya beli barang di online shop seperti ini, jujur saya takut teripu penjual seperti kasus-kasus yang sudah tersebar di internet walaupun harga modem ini hanya Rp 350.000. Maka dari itu saya coba layanan COD(Cash on Delivery) Lazada.

Setelah melakukan pesanan pada tanggal 9 Oktober 2016(baru buat artikel sekarang, soalnya baru mulai ngeblog lagi) saya berdoa supaya kelak meninggal dengan khusnul khotimah eh, saya berdoa supaya pesanan saya segera sampai. Pada pagi enam hari kemudian(lama banget), waktu itu saya sedang serius belajar di sekolah tiba-tiba saya di sms oleh seseorang mengkonfirmasi pesanan saya apakah mau diambil atau tidak, lalu saya balas "iya mas, saya ambil" munculah tanda seru merah menandakan bahwa pulsa saya habis. Saya coba save nomer tersebut lalu saya cek di WhatsApp tapi tunggu dulu, saya belum minta tethering teman saya. Setelah mengemis tethering saya cek di WhatsApp ternyata WhatsAppnya ada, saya lihat foto dia ternyata dia kurirnya. Langsung saya chat masnya
"mas ini Bayu yang pesen modem bolt mau bales sms gaada pulsa, modemnya jadi mas"
agak lama kemudian masnya bales "mau diambil kapan gan?"--pake gan aja biar keren, aslinya mas.
"waduh saya lagi disekolah menuntut ilmu gan, balik jam 12" jawab saya.

Setelah pulang sekolah saya masih nunggu balasan dari kurirnya, waktu itu saya lagi dirumah temen niatnya mau main bareng dan ketika saya asik nyombongin modem yang belum jelas kepastiannya hp saya bunyi. Kurirnya bales:
"mau diambil dimana gan?"
"di RSI Klaten gimana gan?"
"bisa kasih tau ancer-ancernya dari arah solo mas eh,gan?"
"lewat bypass terus aja gan, nanti ada tulisan RSI Klaten di daerah Belang Wetan"
"oke siap"

Setelah saya bosan menyombongkan modem saya ada WhatsApp masuk ternyata si kurir
"ane di depan spbu belang wetan gan pake grand max putih"
"otw gan sama temen pake beat merah"
"oke siap"
ternyata eh ternyata dia di jalan yang beda arus dengan saya lalu saya chat
"gan, di depan RSI aja lawan arah soalnya"
"di SMKN 4 aja ya gan, ane udah disini"

Walaupun ke lokasi saya harus menyeberangi jalan raya yang ada pos polisinya saya tetap nekat tanpa bawa helm.

"Mudah-mudahan gak ada polisinya" dalam benak saya. Alhamdulillah memang tidak ada polisi berjaga waktu itu.
Setelah bertemu dengan kurir saya tanya kurirnya
"iki modem e wes di unlock to mas?"
bahasa Indonesianya "ini modemnya udah di unlock kan mas?"

Karena saya beli modem Bolt Orion Unlock All GSM

"wah ra ngerti aku, aku mung ngeterke og, tak kiro kui harddisk(wah gak tau aku, aku cuman nganter og, tak kira itu harddisk)"
"oalah oke oke mas"
lalu saya berikan uang senilai Rp 350.000 ditukar dengan Modem tersebut.

Ketika dirumah sekitar pukul 19.00 sehabis main sama temen, saya foto-foto dulu paket modem tersebut buat profil bbm(biasa, sombong)




Setelah Unbox lalu saya coba modem tersebut dengan Kartu Indosat 21 GB(20GB 4G + 1GB 3G) seharga 20 ribu karena Indosat sedang promo(alasan saya membeli modem 4G murah). Ternyata eh ternyata ketika di hidupkan hanya ada tulisan "No Service" di layar modem(sori ini foto baru, tombol power udah ilang aja, punya barang gak di oprek belum afdol namanya)

batin saya "ah paling cuman gaada sinyal" tapi dulu waktu teman saya main kerumah kok bisa 4G Indosat ya? perasaan saya mulai suram. Lalu saya coba setting modem ke 3G Only.

Dan Alhamdulillah modem dapat sinyal, berarti modemnya tidak rusak tapi kenapa ketika saya setting modem ke 4G muncul tulisan "No Service" lagi? saya bingung searching di google apa sih penyebabnya, ternyata penyebabnya modem ini sendiri. Modem Bolt ini bisa 4G ketika mendapat sinyal berfrekuensi 2300Mhz dan daerah saya belum ada sinyal Indosat 2300Mhz maka dari itu modem tersebut tidak ada layanan(tentang hal ini akan saya posting secepatnya). Sedih? iya, kecewa? iya juga, beli modem 4G tapi cuman bisa 3G? gak papalah, toh masih bisa dipakai. Jikalau besok di daerah saya sinyalnya sudah berfrekuensi 2300Mhz kan bisa dipakai 4G hehe, tapi sayang promo indosatnya udah habis duluan.

Tidak puas sampai disitu, saya lihat kembali deskripsi modem tersebut di Lazada, tidak ada kata yang menunjukkan bahwa modem tersebut bisa dipakai di jaringan 4G Semua Operator, disitu hanya menjelaskan jika modem ini sudah 4G LTE dan Unlock untuk semua GSM, iyasih 4G LTE tapi 4G-nya Bolt terlalu tinggi dibanding 4G operator lain yang hanya di 1800Mhz.

Mungkin ada yang tanya "Kenapa gak pake perdana Bolt aja? kalo pake Bolt bisa 4G kan?" bisa sih bisa, coba sih boleh saja, tapi saya beli modem Bolt Orion Unlock All GSM waktu itu perdana Boltnya udah ilang gaada, mungkin dijual terpisah lagi oleh pihak penjual supaya bisa nambah untung. Lagian sinyal bolt belum tentu sampai di daerah saya(Klaten, Jateng) karena yang saya tahu modem Bolt hanya di pasarkan di sekitar daerah Jakarta yang memang sudah ada sinyal Bolt.

Kesimpulannya? Sekali lagi saya tidak menyalahkan siapapun, karena saya sendiri merasa bersalah, jadi jangan contoh saya, jadilah pembeli yang cerdas, teliti deskripsi produk sedetail-detailnya agar tidak menyesal di kemudian hari dan janganlah sombong, mungkin ini balasan orang-orang yang sombong wkwk modem 4G kok cuman 3G.
Dan yang terpenting jangan tanya soal barang ke kurir, dijamin kurirnya kebingungan(saya gendeng) wkwk
Sekian Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Unlock Modem Huawei ALL VERSI Bundling SIM Card Tertentu

Sony Ericsson e15i (Xperia X8) Bootloop, Bricked, atau Gagal Boot, Ini Solusinya